TNI-Polri Mojoroto, bersama Relawan dan Masyarakat Kerja Bakti Perbaiki Tanggul Sungai Kedak

 

LENSAJATIM ꞁꞁ       Antisipasi terjadinya banjir di musim penghujan, anggota Koramil 0809/03 Mojoroto Kodim Kediri bersama Polsek Mojoroto, BPBD, Dinas DKLH, Dinas PU, Relawan dan Masyarakat gelar kerja bakti perbaiki tanggul dan susur sungai Kedak. Kegiatan itu dilalukan dalam rangka menghadapi potensi bencana alam Hidrometeorologi (BMKG) yang biasa terjadi di bulan Januari – Februari. Minggu (7/11/2021).

Danramil 0809/03 Mojoroto Kapten Inf Arif Nurwahyudi menjelaskan, kegiatan kerja bhakti yang dilakukan tersebut melibatkan puluhan orang. Semuanya bekerja bakti dengan memperbaiki tanggul sungai dengan memasang sesek penahan tanggul atau plengsengan.

“Semuanya berharap dengan ditutupnya tanggul yang jebol tersebut tidak terjadi lagi genangan di wilayah Kelurahan Mojoroto Kecamatan Mojoroto ketika turun hujan lebat,” kata Kapten Inf Arif Nurwahyudi. 

Dikatakan Danramil, bahwa tindakan memperbaiki tanggul sungai dengan memasang sesek dan karung berisi pasir tersebut merupakan langkah untuk antisisapi. 

“Maka dari itu, kami sebatas memberi bantuan perbaikan tanggul sementara saja. Dan nanti perbaikan tanggul lebih permanen dilakukan oleh pemerintah daerah,” ucap Danramil.

Disamping menutup tanggul yang jebol dengan karung plastik berisi pasir, menurut Danramil, sejumlah personil TNI dan kepolisian serta warga melakukan pembersihan sungai dari sampah yang mengakibatkan terjadinya sungai meluap.

“Hal itu menjadi pelajaran berharga bagi warga untuk tidak lagi membuang sampah di sungai, karena dampaknya bisa menyumbat aliran air dan meluber menimbulkan banjir,” ucap Kapten Inf Arif Nurwahyudi.

Sebagai Babinsa Kelurahan Mojoroto Sertu Parik S dan Serda Bambang juga mengatakan, “bahwa memang, diakui terjadinya banjir di Kelurahan Mojoroto di awal musim penghujan ini telah menimbulkan ketidaknyamanan warga.

Meskipun banjir cepat surut tetapi hal itu tidak boleh terjadi lagi karena menggangu aktifitas warga.(Pendim/Red)