Dandim 0813 Dampingi Bupati Bojonegoro Monitoring Pembangunan Jalan Aspal

 

LENSAJATIM ꞁꞁ       Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro, Letkol Inf Bambang Hariyanto, turut mendampingi Bupati Bojonegoro, melaksanakan peninjauan pembangunan jalan aspal di Desa Bakalan dan Semenpinggir Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Turut mendampingi pada kegiatan untuk monitoring atas pelaksanaan program Bantuan Keuangan Desa (BKD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Bojonegoro tahun 2021 ini Kajari Bojonegoro dan Kepala Dinas PU Bina Marga Bojonegoro, serta Kades Bakalan, Kades Semenpinggir, dan Kades Plesungan.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, menyampaikan bahwa Desa Plesungan menerima program BKD diwujudkan untuk pembangunan jalan aspal sepanjang 425 meter dengan lebar 3 meter. Titik pembangunan dilaksanakan di jalan poros desa yang menghubungkan dengan desa Kedaton.

"Sementara untuk Desa Semenpinggir yang baru saja selesai melaksanakan pembangunan jalan aspal, tercatat panjang jalan aspal 355 meter dan lebar 3.5 meter yang menghubungkan dengan Desa Bogo," ujarnya.

Diharapkan, setelah terealisasinya pembangunan jalan aspal tersebut, pihak pemerintah desa dapat memfokuskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat guna peningkatan perekonomian warganya.

"Setelah pembangunan infrastruktur ini, selanjutnya desa dapat fokus dalam pembangunan SDM warganya. untuk pelaksanaan pembangunan aspal yang masih terkendala agar segera diselesaikan. Sebagaimana tujuan kita, pembangunan ini adalah untuk kesejahteraan masyarakat, kedepan kita ingin masyarakat menikmati infrastruktur yang ada," kata Bupati Anna Mu'awanah.

Masih ada 2.400 meter jalan Desa Semenpinggir, Desa Bogo dan Desa Semanding, yang harapannya tahun depan dapat dilakukan pembangunan. Sementara di Desa Bakalan, pelaksanaan pembangunan jalan aspal desa masih belum dilaksanakan karena terkendala bahan dan alat berat.

"Rencananya nanti malam jalan aspal sepanjang 798 meter dengan lebar 3 meter mulai diaspal. Nantinya jalan ini sebagai akses ke desa Mojodeso dan Plesungan," kata Kades Bakalan, Listiono.

Dandim 0813 Bojonegoro, Senin (27/2021), mengatakan, pihaknya sangat mendukung program pemerintah daerah dalam pembangunan infrastruktur, yang merupakan program positif dan bermanfaat. Menurutnya, jika infrastruktur baik, tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

"Adanya pembangunan infrastruktur jalan ini tentunya akan lebih memperlancar akses masyarakat dalam rangka peningkatan perekonomian seperti untuk mobilisasi hasil-hasil pertanian, termasuk juga akses untuk pendidikan dan kesehatan," pungkas Letkol Inf Bambang Hariyanto.(Pendim/Red)