Kejuaran Pencak Silat Piala Kasad 2023, Kodam V Brawijaya siapkan 56 Pesilat


LENSAJATIM ||    Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, memantau puluhan pesilat yang mengikuti seleksi Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Piala Kasad tahun 2023 yang digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Hayam Wuruk, Kamis (27/4/2023).

Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Piala Kasad tahun 2023 tersebut akan digelar pada tanggal 26 sampai dengan 18 Mei 2023 di Kompleks Dinas Jasmani TNI Angkatan Darat, Cimahi Jawa Barat.

"Saya didampingi Ketua IPSI, Danrem 081/BSJ, dan Kajasdam V/Brawijaya. Kami harus memastikan kesiapan para pesilat agar dapat meraih prestasi terbaik di ajang itu dan mengharumkan nama Kodam V/Brawijaya dan Jawa Timur pada umumnya," kata Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf.

Menurut mantan Kepala Penerangan Kopassus tersebut dirinya akan mendukung penuh suksesnya penyelanggaran Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Piala Kasad 2023 yang pertama digelar.

"Ini harus kita dukung sepenuhnya karena juga menjadi bagian dari upaya TNI Angkatan Darat melestarikan tradisi dan budaya bangsa besar ini. Insya Allah ditingkat Kodam V/Brawijaya setelah ini kita akan menggelar pula Kejuaraan Terbuka Pencak Silat se- Jawa Timur. Ini akan menjadi ajang adu tanding dan silaturahmi antarpesilat," ucap Perwira tinggi TNI asal Tanah Merah, Bangkalan tersebut.

Sementara itu, pelatih dari Pengurus Daerah Ikatan Pencak Silat Indonesia (Pengda IPSI) Jatim, Karyono, mengatakan proses seleksi tersebut akan berlangsung dengan sebaik-baiknya untuk memastikan pesilat yang benar-benar siap turun berlaga.

"Kami terlibat dalam seleksi ini untuk memastikan pesilat yang akan lolos nanti benar-benar yang terbaik dan mampu meraih prestasi yang terbaik," ujarnya.

Selain itu, menurut Kepala Jasmani Kodam V/Brawijaya Kolonel Inf Agus Supriyanto, menjelaskan pihaknya menyiapkan tidak kurang 56 pesilat, yang terdiri dari prajurit TNI Angkatan Darat serta pelajar SMK dan mahasiswa.(*/Red)