Minimalisir Dampak Pemanasan Global, TNI di Bojonegoro dukung Penghijauan


LENSAJATIM || Upaya untuk mengurangi dampak dari pemanasan global, yang sekaligus menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, jajaran Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro serentak melakukan penanaman ribuan pohon penghijauan, Jum'at (17/11/2023).
Seperti halnya yang dilakukan diwilayah Kecamatan Gondang,
bersama jajaran Forkopimcam, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Posramil 19/Gondang Kodim 0813 Bojonegoro, melaksanakan tanam pohon penghijauan. Kegiatan tersebut dalam rangka mendukung program Penanaman 10 Juta Pohon oleh Polri dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) serentak diseluruh Indonesia.

Penanaman pohon penghijauan yang dilakukan di area makam umum 'Mbah Surolati' Desa Gondang Kecamatan Gondang ini dihadiri oleh Danposramil 0813-19/Gondang, Kapolsek Gondang, perwakilan dari Staf Kecamatan Gondang, Kades beserta Perangkat Desa Gondang, dan masyarakat sekitar.

Danposramil 0813-19/Gondang, Peltu Yitno Kuncoro, menyampaikan bahwa pihaknya turut mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Penanaman pohon penghijauan dilaksanakan sebagai upaya untuk mengurangi risiko pemanasan global dan perubahan iklim di Indonesia, khususnya diwilayah Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro.

"Perubahan cuaca yang tidak menentu ini yang diprediksi akibat dari pemanasan global. Sehingga, mari bersama-sama untuk mencegah dampak pemanasan global yakni dengan menanam pohon," ucapnya.

Penanaman pohon penghijauan yang dilakukan tersebut, masih menurut Danposramil 0813-19/Gondang, juga bisa untuk mencegah abrasi dan banjir diwilayah hutan Kecamatan Gondan. Pasalnya, wilayah Kecamatan Gondang ini menjadi langganan banjir.

"Sehingga, upaya pencegahanya harus dilakukan bersama semua pihak dan sejak dini, untuk meminimalisir kerusakan dampak bencana seperti banjir. Selain itu, penghijauan ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas udara," pungkasnya.(Pen/Red)



Kontributor : Trisno Wibowo
KODIM 0813 BOJONEGORO