Danramil Malo Dampingi Bupati Bojonegoro Kunjungi Kelompok Peternakan Desa Trembes


LENSAJATIM.COM, BOJONEGORO
Bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), Danramil 0813-20/Malo, turut mendampingi Kunjungan Lapang Bupati Bojonegoro ke Kelompok Peternakan dan Perikanan di Desa Trembes, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (25/6/2020).

Hadir dalam kunjungan ini Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, Kepala Desa Trembes, serta Kelompok Peternakan dan Perikanan tiga kecamatan yakni Kecamatan Trucuk, Malo dan Kasiman.

Dalam kunjungannya, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah meminta kelompok ternak tidak hanya nama, akan tetapi turut bertanggungjawab terhadap ketahanan pangan. Pada tahun ini, Kabupaten Bojonegoro memperoleh urutan ternak kedelapan se- Jawa Timur. Menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu pilar ketahanan ekonomi yang berbasis rumahan, komunal, kampung, desa, pertanian, peternakan, dan perikanan.

“Saya meminta kepada Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan untuk membentuk kelompok ternak, dan budidaya ikan di setiap desa yang bukan hanya nama, melainkan kelompok yang dapat bertanggungjawab untuk menguatkan ketahanan pangan di Bojonegoro. Jika ketahanan pangannya kuat maka kesejahteraan masyarakat dapat meningkat,” ujar Anna Muawanah.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro Catur Rahayu mengatakan bahwa ada beberapa langkah  yang akan dilakukan untuk penguatan kelembagaan peternak dan perikanan diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

Yang nantinya akan melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada kelompok, kemudian memfasilitasi permodalan dengan lembaga keuangan. Lalu memfasilitasi kelompok untuk mendapatkan program, serta memberikan akses pelayanan dibidang kesehatan hewan. 

“Saat ini telah dilakukan pembinaan untuk Cluster III yaitu wilayah Kecamatan Trucuk terdapat 6 Kelompok Tani Ternak, 5 Kelompok Perikanan. Di Kecamatan Malo 20 Kelompok Tani Ternak, 3 Kelompok Perikanan, dan Kasiman 18 Kelompok Tani Ternak 2 Kelompok Perikanan,” ungkapnya.


Dalam kesempatan yang sama, kepada media ini Danramil 0813-20/Malo Kapten Inf Paryanto, mengatakan bahwa pihaknya turut mendukung penuh program Ketahanan Pangan (Han Pangan) yang telah dicanangkan oleh pemerintah khususnya diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

Untuk mendukung, sekaligus menguatkan program ketahanan pangan tersebut, selain disektor peternakan dan perikanan Kodim 0813 Bojonegoro bersama Koramil-Koramil jajarannya telah memanfaatkan lahan produktif yang dimilikinya dengan menanami tanaman pangan dan tanaman holtikultura.

“Guna mendukung dan mensukseskan program Han Pangan ini, kita lakukan gerakan memanfaatkan lahan produktif berbasis rumah tanggga. Sehingga ketahanan pangan keluarga menjadi tangguh,” pungkasnya. (Pendim/Red)