Dandim Bojonegoro hadiri Kegiatan Pembinaan RT/RW dan BPD di Margomulyo


LENSAJATIM ||   Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), menghadiri kegiatan Pembinaan RT/RW dan BPD se- Kecamatan Margomulyo, Senin (22/5/2023).

Kegiatan Pembinaan RT/RW dan BPD yang digelar di rumah Lina, Kader Posyandu Dusun Bungkul RT.004/RW.005 Desa Sumberjo, Kecamatan Margomulyo ini diikuti sekitar 150 orang diantaranya Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, Kapolres AKBP Rogib Triyanto, Forkopimcam Margomulyo, Kepala Desa se- Kecamatan Margomulyo, serta Ketua RT-RW dan BPD se- Kecamatan Margomulyo. 

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, dalam sambutanya, mengatakan, pihaknya bersama jajaran Forkopimda saat ini melaksanakan fungsinya sebagai pimpinan daerah meninjau langsung desa dan melihat program pembangunan. Salah satu pembangunan yang sedang berjalan adalah Bendungan Karangnongko yang akan meningkatkan perekonomian petani. "Setelah bendungan selesai nanti akan dibangun irigasi buat persawahan dan perkebunan," ujarnya.

Dibidang pertanian, kata Bupati Anna Mu'awanah, kini petani mendapat bantuan pupuk. Tidak hanya petani mandiri, akan tetapi petani perkebunan/pesanggem juga akan mendapatkan pupuk dan bibit. "Pembangunan di manapun harus ada dukungan masyarakat. Tidak ada program pemerintah yang akan menyengsarakan masyarakatnya," kata Bupati.

Bupati Bojonegoro juga menyampaikan tentang program Pemkab bidang pendidikan yakni beasiswa 10 Sarjana per desa untuk meningkatkan SDM masyarakat. Selain itu juga bidang infrastruktur, yakni target tahun 2025 semua pembangunan jalan sudah selesai. 

"Kegiatan pembinaan RT/RW ini sendiri sangat penting untuk membantu pemerintah desa dan pemerintah daerah untuk menyampaikan semua program. Harapannya program-program yang ada berdampak baik untuk masyarakat," tutur Anna Mu'awanah.

Camat Margomulyo, Dyah Enggarini Mukti, mengucapkan terima kasih kepada semua tamu undangan yang hadir. Menurutnya, data penduduk Kecamatan Margomulyo sebanyak 21.000 jiwa pada awal 2021. Dia juga menjelaskan berkat program-program Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, ada penurunan angka kemiskinan yakni dari 58,2% turun menjadi 27%.

"Alhamdulillah bantuan sosial kematian dari Pemkab semula Rp 2,5 juta, kini meningkat menjadi Rp 3 juta.  Saat ini sudah 33 km jalan terbangun. Masyarakat Margomulyo mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemkab Bojonegoro," jelasnya.

Dia menambahkan, saat ini RT mendapatkan honor setiap bulan Rp 150 ribu. Dan tahun depan honor akan dinaikkan menjadi Rp 200 ribu. Camat juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab yang membangun Masjid Rest Area sekaligus Wisata Religi yang sangat besar di Kecamatan Margomulyo.

Ditempat yang sama, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, menuturkan bahwa wilayah Kecamatan Margomulyo merupakan perbatasan Kabupaten Ngawi. Adanya Masjid megah yang sekaligus sebagai wisata religi nantinya menjadi ikon Kecamatan Margomulyo.

Selain itu, untuk kedepanya akan dibangun Bendungan Karangnongko diwilayah Kecamatan Margomulyo. Sehingga, kita dukung bersama-sama proyek strategis nasional yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo tersebut.

"TNI-Polri, berkomitmen selalu mendukung program-program pembangunan dari pemerintah pusat maupun dari Pemerintah Daerah," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolres Bojonegoro, bahwa pihaknya akan membantu progam pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pembangunan. Selain itu, Kapolres juga mengapresiasi kesadaran masyarakat untuk mewujudkan kamtibmas. 

"Mari kita dukung bersama proyek nasional Bendungan Karangnongko. Harapannya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Bojonegoro khususnya di bidang pertanian maupun lainnya," pungkas AKBP Rogib Triyanto.(Pen/Red)