Kodim Bojonegoro Siap bersinergi bekerja Bersama Membangun NKRI


LENSAJATIM ||   Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, turut menghadiri acara puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XX dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG - PKK) ke- 51 tahun 2023 dilapangan Desa Blimbinggede Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro, Kamis (15/6/2023).

Kegiatan yang mengusung tema 'Dengan Semangat Gotong Royong Kita Tingkatkan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Optimis Jatim Bangkit' dihadiri jajaran Forkopimda Bojonegoro, Forkopimcam Ngraho, Ketua DPRD Bojonegoro, Pasi Intel Kejaksaan Negeri Bojonegoro, perwakilan Bakorwil Bojonegoro, Kalaksa BPBD Bojonegoro, Kepala Dinas PMD Bojonegoro, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro, jajaran OPD, Camat se- Kabupaten Bojonegoro, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro, serta Kepala Desa, Ketua RT/RW, BPD, LPM dan TP PKK Desa se- Kecamatan Ngraho.

Dalam sambutannya Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah, menyampaikan bahwa pentingnya semangat gotong royong dalam memperkuat hubungan antara masyarakat, pemerintah, dan organisasi kemasyarakatan. Meskipun transformasi digital telah memasuki berbagai aspek kehidupan, semangat gotong royong tetap harus ditekankan.

Bupati Bojonegoro menjelaskan, Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) merupakan sebuah keputusan dari Kementerian Dalam Negeri yang hanya ada di Indonesia. Hal tersebut menunjukkan keunikan Indonesia dalam nilai-nilai gotong royong. Keberagaman budaya, suku, dan bahasa di Indonesia menjadi kuat dan kokoh berkat semangat empati dan gotong royong.

"Mari kita kuatkan semangat gotong royong ini dalam kehidupan sehari-hari dan juga nilai-nilai Pancasila. Dengan demikian, kita akan membangun masyarakat yang harmonis dan maju," ujar Anna Mu'awanah.

Acara puncak BBGRM di Desa Blimbingede ini menjadi momentum untuk mengajak seluruh masyarakat Bojonegoro dan Indonesia pada umumnya untuk memperkuat semangat gotong royong, melalui kerjasama yang solid antara masyarakat, pemerintah, dan organisasi kemasyarakatan dengan harapan dapat terwujud pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan yang merata.

Bupati Bojonegoro juga mengapresiasi partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan gotong royong yang telah berkontribusi dalam pembangunan wilayah. Ia berharap semangat ini terus terjaga dan diperkuat agar Bojonegoro menjadi contoh bagi daerah lain dalam menjunjung tinggi nilai gotong royong. "Dengan semangat gotong royong yang terus ditekankan dan diperkuat, diharapkan masyarakat Bojonegoro dan Indonesia pada umumnya dapat mencapai kemajuan dan kesejahteraan yang berkelanjutan," tuturnya.

Ditemui usai acara ini, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, menyatakan bahwa TNI akan terus mendukung dan menumbuhkembangkan semangat gotong royong ditubuh anggota dalam kehidupan bermasyarakat. Karena pada dasarnya, anggota TNI yang ada di setiap Koramil senantiasa bekerja bersama rakyat dalam segala hal.

"TNI selalu siap setiap saat, bersinergi dengan rakyat, bekerja bersama membangun segala bidang demi persatuan dan kesatuan NKRI," pungkasnya.(Pen/Red)