Batiopslat Kodim Bojonegoro hadiri kegiatan Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Linmas Desa


LENSAJATIM || Bintara Tinggi Operasi dan Latihan (Batiopslat) Kodim 0813 Bojonegoro, Peltu Supriyanto, turut menghadiri kegiatan Penguatan dan Peningkatan Kapasitas anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa Buntalan Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Senin (18/9/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan materi pembekalan mitigasi bencana banjir ini dihadiri oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Camat Temayang, Babinsa, Kepala Desa dan Linmas Desa Buntalan, serta anggota PPK dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Temayang.

Dikonfirmasi, Peltu Supriyanto, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan dan pendayagunaan anggota Linmas Desa, dengan tujuan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Satuan Linmas menyangkut salah satu tugas pokok dan fungsi Linmas saat penanggulangan bencana.

Menurut dia, anggota Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, anggota Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman diwilayah desa.

"Pembinaan dan pembekalan ini juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan anggota Linmas khususnya dalam tanggap bencana, yang secara langsung lembaga Linmas tersebut terlibat langsung di dalamnya," kata Batiops Kodim 0813 Bojonegoro.

Pihaknya juga berharap, dengan adanya pembinaan, pembekalan dan pelatihan tersebut, "Dapat meningkatnya kesiap-siagaan anggota Linmas, dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum, serta meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat," pungkas Peltu Supriyanto.(Pen/Red)



Kontributor : Trisno Wibowo
KODIM0813BOJONEGORO