Satgas TMMD 120 Kodim Bojonegoro Berdayakan Masyarakat Dusun Tawaran


LENSAJATIM || Dalam melaksanakan kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 120 Kodim 0813 Bojonegoro di Kecamatan Tambakrejo, anggota Satuan Tugas (Satgas) tak hanya berfokus mengerjakan sasaran fisik program saja. Mereka juga melaksanakan kegiatan pendampingan kepada masyarakat setempat.

Kegiatan yang dilakukan personel Satgas TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro tersebut sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat, yang sekaligus juga mengaplikasikan adanya kegiatan non fisik program TMMD seperti pelatihan serta sosialisasi.

Terlihat, anggota Satgas dilokasi sasaran TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro di Dusun Tawaran Desa Napis Kecamatan Tambakrejo yang melakukan kegiatan pendampingan bagi para petani yang melakukan kesibukan membawa hasil panen pisang dari kebun mereka. Salah satunya pendampingan ini dilakukan kepada Darmaji (48), warga Dusun Tawaran yang sedang mengangkut hasil panen pisang di kebun miliknya untuk di olah maupun dijual.

Dalam kesempatan itu, anggota Satgas TMMD 120 Kodim Bojonegoro juga memberikan pengetahuan terkait langkah-langkah pemasaran pisang agar tidak tertipu oleh tengkulak atau pedagang pisang yang sengaja ingin membeli hasil panennya dengan harga murah.

"Pendampingan ini kami lakukan untuk memberikan wawasan berkelanjutan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dan pemikiran," ungkap Sertu Wahyu Widodo, Minggu (26/5/2024).

Menurutnya, pendampingan tersebut untuk mengambil langkah pemikiran dan strategi agar hasil panen warga mendapatkan harga yang pantas dan tidak merugikan yaitu seperti menjual langsung ke pasar kepada pembeli langsung dan tengkulak yang benar benar berdagang pisang.

Darmaji, mengucapkan banyak terima kasih atas saran, masukkan dan tenaga dari anggota Satgas TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro yang sangat dirasakan manfaatnya. "Memang apa yang disampaikan oleh bapak bapak TNI ini benar, terkadang saat panen kami mendapatkan harga yang sangat murah, sehingga penghasilan kami dari panen sedikit," tuturnya.

Program TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro di Desa Napis dan Desa Malingmati Kecamatan Tambakrejo dengan mengusung tema 'Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah' berlangsung dari tanggal 8 Mei hingga 6 Juni 2024 mendatang.

Adapun sasaran fisik dalam program kolaborasi antara Pemkab Bojonegoro dengan Kodim 0813 Bojonegoro ini yaitu renovasi 12 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembangunan Sarpras Air Bersih, rehab ruang kelas sekolah, pembangunan jalan aspal dan pembangunan pelindung tebing sungai.

Sedangkan sasaran non fisik ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan serta semangat gotong-royong dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat.(Pen/Red)


Kontributor : Trisno Wibowo
KODIM 0813 BOJONEGORO