Melihat Kegembiraan Anak-anak Dusun Tawaran bersepeda di Jalan Aspal Hasil TMMD 120 Kodim Bojonegoro


LENSAJATIM || Hasil pembangunan Infrastruktur berupa jalan desa dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat, disamping sebagai sarana lalu lintas dan memudahkan kegiatan ekonomi agar lebih lancar, jalan Desa Napis Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro yang sudah mulus ini dijadikan arena bermain anak anak.

Pengaspalan jalan sepanjang 1.294 meter yang melewati Dusun Koripan dan Dusun Tawaran Desa Napis tersebut membuat warga mengapreasiasi pembangunan jalan aspal yang dikerjakan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro tahun 2024.

Kegiatan program yang mengusung tema 'Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah' ini berlangsung dari tanggal 8 Mei sampai 6 Juni 2024 mendatang. Program terpadu dan lintas sektoral ini sebagai wujud kepedulian TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Diungkapkan oleh Jumari (52), warga Dusun Tawaran Desa Napis, yang kebetulan jalan di depan rumahnya di bangun oleh personel Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro, dimanfaatkan untuk mengajak anak-anaknya bermain di jalan itu, karena anak anaknya sangat senang.

"Semenjak jalan ini dibangun oleh Satgas TMMD ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro, anak-anak disini senang sekali bermain pada sore hari. Jadi jalan aspal yang sudah baik ini tidak hanya berguna bagi kemajuan ekonomi masyarakat, tapi juga untuk kegembiraan bagi anak-anak," ucapnya, Rabu (5/6/2024).

Hal yang sama juga dikatakan Ridho (10), dia mengaku senang dan gembira karena jalan sekarang sudah lebih baik dan mulus dari sebelumnya. Sehingga, saat ia bermain bersepeda merasa aman. "Saya bersama teman-teman senang sekali pak bermain di jalan ini, kalau dulu kami takut karena jalannya bebatuan dan rusak lagi. Sekarang sudah bagus, terima kasih ya pak Tentara sudah membangun jalan kami," pungkasnya.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan program TMMD ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mengurangi kemiskinan serta meningkatkan kemanunggalan TNI-rakyat dalam rangka mewujudkan pembangunan yang merata, seimbang dan berkesinambungan.

Dan pada hakekatnya, kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh komponen masyarakat ini ditujukan untuk memotivasi dan menumbuhkembangkan kesadaran, semangat dan gotong-royong masyarakat dalam membangun desa. Selain itu juga untuk membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki, serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang maupun yang akan dihadapi.(Pen/Red)


Kontributor : Trisno Wibowo
KODIM 0813 BOJONEGORO