Babinsa Koramil Dander Bojonegoro, Perkuat Linmas Desa dengan Kedisiplinan dan Semangat Bela Negara


LENSAJATIM || Dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas), Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Dander Kodim 0813 Bojonegoro, Sertu Wahyu Yasin, memberikan pelatihan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dasar dan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada anggota Linmas Desa Ngunut Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (25/11/2023).

Adapun materi yang diberikan pada kegiatan yang dilangsungkan dihalaman Balai Desa Ngunut tersebut yaitu gerakan-gerakan dasar PBB ditempat diantaranya adalah sikap sempurna, penghormatan, sikap istirahat, lencang kanan dan lencang kiri, serta lencang depan dan jalan ditempat. Selain itu, juga diberikan gerakan PBB berjalan yakni langkah biasa dan langkah tegap dengan penghormatan.

Sedangkan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) diberikan dalam rangka menguatkan rasa cinta tanah air dan semangat patriotisme membela negara dan bangsa Indonesia, karena anggota Linmas tersebut merupakan bagian dari unsur komponen pertahanan semesta yang harus selalu siap dalam mempertahankan negara

Sertu Wahyu Yasin, mengatakan bahwa pembinaan dan pelatihan tersebut dilakukan untuk penguatan kapasitas anggota Linmas terkait dengan fungsinya sebagai pertahanan negara, disamping fungsi anggota Linmas dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Dia berharap, anggota Linmas atau yang dulu lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil (Hansip) dapat membantu melaksanakan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan diwilayah.

"Keberadaan anggota Linmas di masyarakat dalam melaksanakan tugas diwilayah, tentunya akan menjadi ringan apabila selalu bersinergi dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas maupun perangkat desa dalam Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Harkamtibmas," pungkas Sertu Wahyu Yasin.(Pen/Red)



Kontributor : Trisno Wibowo
KODIM 0813 BOJONEGORO