Kodim Bojonegoro gencarkan Penguatan Bela Negara Generasi Muda Sejak Dini


LENSAJATIM || Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, jajaran Bintara Pembina Desa atau Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, secara serentak kembali melaksanakan kegiatan penguatan bela negara bagi generasi muda sejak dini khususnya dikalangan pelajar se- Kabupaten Bojonegoro, Senin (27/11/2023).

Kali ini, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mewujudkan generasi muda bangsa yang berkarakter baik, tangguh dan berjiwa patriotisme ini diberikan kepada 2000 siswa dan siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) diwilayah Kecamatan Bojonegoro, Kalitidu, Baureno, Dander dan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro. 

Selain itu, para Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro ini juga memberikan sosialisasi pencegahan perundungan (bullying) dan tindak kekerasan kepada para siswa-siswi yang dewasa ini marak terjadi dikalangan pelajar. Harapanya, semua siswa dapat belajar dengan tenang dan nyaman serta memahami bahaya bullying beserta dampaknya.

Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro Lettu Kav Sujirman, mengungkapkan bahwa kegiatan penguatan bela negara terhadap pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) se- Kabupaten Bojonegoro ini diadakan mulai dari tanggal 27 November hingga 5 Desember 2023 dengan bermaterikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang), pelatihan Peraturan Baris-Berbari (PBB) dasar serta fun game (ketangkasan) berbasis kelompok.

Pihaknya berharap, dengan diselenggarakanya kegiatan tersebut para generasi muda penerus bangsa Indonesia tersebut memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme. Disampaikan juga bahwa sekolah merupakan tempat sarana belajar, saat di sekolah peran guru menjadi tanggungjawab bagi para siswa-siswinya. Sementara saat dirumah menjadi peran penting orang tua, dalam mengawasi anak-anaknya.


Sehingga dengan adanya keselarasan dalam membina, mengarahkan dalam hal kebaikan bagi putra-putrinya untuk tidak mengikuti hal-hal yang negatif yang merugikan diri sendiri, keluarga, sekolah maupun orang lain terutama dengan maraknya bullying atau perundungan dikalangan siswa-siswi.

"Penguatan bela negara seperti penanaman karakter, kedisiplinan dan tanggungjawab merupakan pondasi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Kami berharap, adik-adik berperilaku sopan, selalu peduli sesama teman, saling menghargai perbedaan, menjunjung tinggi disiplin, dan mematuhi aturan-aturan sekolah," kata Lettu Kav Sujirman.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Bojonegoro, Drs. Puryanto, M.Pd., mengucapkan terima kasih kepada jajaran Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro yang telah menyelenggarakan kegiatan penguatan bela negara. Menurut dia, kegiatan tersebut sangat penting dalam rangka pembinaan karakter peserta didik guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Pihaknya berharap kerjasama dalam kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai disini saja karena pendidikan karakter dan pengamalan Pancasila seperti nilai-nilai kasih sayang, keteladanan, moralitas, perilaku dan kebhinekaan tersebut harus terus menerus diajarkan dan dipupuk kepada generasi muda sejak dini.

"Kegiatan ini sangat bagus sekali dan banyak manfaatnya, sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak-bapak Babinsa jajaran Kodim 0813 Bojonegoro yang sudah mengadakan kegiatan penguatan bela negara ini," pungkasnya.(Pen/Red)



Kontributor : Trisno Wibowo
KODIM 0813 BOJONEGORO